Jawa Barat belajar mitigasi gempa dari Jepang

Cirebon (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempelajari mitigasi gempa bumi di Jepang guna meminimalkan jumlah korban dan kerugian akibat bencana.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Cirebon, Senin, menjelaskan bahwa Jepang sangat siap menghadapi bencana.

“Bangunan yang digunakan juga bangunan yang memang tahan gempa, dimana ketika ada gempa hanya ikut bergerak tanpa roboh,” katanya.

Masyarakat negeri itu, menurut dia, juga sudah terlatih menghadapi bencana. “Langsung sigap ketika ada bencana walaupun sedikit,” tuturnya.

Kesiapan mitigasi semacam itu, menurut dia, membuat jumlah korban dan kerugian akibat bencana seperti gempa dan tsunami di Jepang lebih sedikit dibandingkan dengan negara lain.

“Jepang itu tsunaminya lebih dari 10 meter, namun korbannya sangat sedikit dibandingkan dengan Indonesia,” ujarnya.

“Setelah kita pelajari dan belajar ke sana, memang edukasi ke masyarakat itu sudah dilakukan sedemikian sistemik dan terstruktur,” ia menambahkan.

Ia mengatakan Jawa Barat harus meniru Jepang dalam hal mitigasi bencana, mengingat sebagaimana banyak wilayah Indonesia yang lain Jawa Barat juga rawan bencana.

Baca juga: BNPB: kemampuan mitigasi Palu-Donggala masih minim
Baca juga: BMKG tekankan pentingnya penguatan mitigasi gempa

 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.